Cara menggunakan formula (rumus) pada microsoft word
Formula pada ms word biasanya disisipkan pada tabel karena memang diperuntukan untuk menghitung seperti halnya pada ms excel. Sehingga pada saat data pada kolom tabel di rubah maka data yang lain akan menyesuaikan dengan data yang ada.
Untuk lebih memahami penggunaan formula pada microsoft word, perhatikan gambar dibawah ini.
Pada saat kita membuat tabel pada ms word, tentunya kita akan buat baris dan kolom, sehingga baris dan kolom ini harus sangat diperhatikan ketika kita akan menggunakan formula pada ms word. Karena seperti hanlnya pada microsoft excel, membuat formula pada ms word juga akan membutuhkan kecermatan dalam pembacaan cell pada kolom tersebut.
Cell pada kolom adalah pertemuan baris dan kolom dimana rumus formula tersebut akan disisipkan.
Untuk lebih jelasnya, ikuti contoh berikut ini untuk membuat formula pada microsoft word.
- Langkah pertama buat tabel pada microsoft word
- Selanjutnya isikan data sesuai dengan pada gambar berikut.
- Kemudian letakkan kursor pada cell dimana rumus akan diisikan.
- Selanjutnya klik layout pada menubar, kemudia pilih formula pada group data.
- Maka akan muncul jendela formula.
- Isikan rumus atau formula pada menu formula, seperti halnya pada contoh diatas kita akan mengalikan antara 2 da 3. Yang harus kita pahami adalah letak dari angka 2 dan 3. angka 2 terletak pada cell A2 sedangkan angka 3 terletak pada cell B2, sehingga kita akan membuat formula " =A2*B2 ".
- Selanjutnya klik OK dan lihat hasilnya.
- Untuk membuat rumus pada bagian bawahnya, yaitu perkalian antara 4 dan 5, maka kita juga harus memperhatikan letak cell antara angka 4 dan angka 5.
- Semoga bisa bermanfaat ...
Cara Menggunakkan Mail Merge
Mail Merge adalah suatu tools yang terdapat pada menu bar “Mailings” pada Microsoft Word. Dimana dapat kita manfaatkan untuk membuat database dokumen. Misalkan kita membuat undangan untuk 100 orang. Bukan berarti kita harus menulis surat sejumlah 100 buah untuk 100 undangan. Kita cukup membuat satu buah surat, dan untuk mengisikan nama dan alamat yang berbeda untuk tiap para undangan.
Mungkin penjelasan ini kurang dapat di pahami. Lebih mudahnya, mari kita bersama belajar membuat mail merge.
Langkah 1
--------------------------------------------------------------------------------------------
Kepada :
Alamat :
Di harapkan kehadiran pada :
Pkl : 15.00 WIB
Di Gelora Olahraga Kita
Atas perhatinnya, kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami
Panitia
---------------------------------------------------------------------------------------------
Langkah 2(membuat mail merge)
- - Klik menu bar Mailling
- - Klik Start Mail Merge
- - Pilih Letters
- - Kemudian kita Klik Select Recipients
- Pilih Type New List
- Kemudian akan muncul Windows seperti dibawah :
- Kemudian kita klik tombol “Customize Columns…”, karena kita hanya membutuhkan 2 field, yaitu Nama dan Alamat
- - Setelah kita klik tombol “Customize Columns…”, akan muncul kotak dialog seperti di bawah,
- - Tugas kita disini ilaha menghapus semua field yang ada, dengan cara klik tombol “Delete”, dan akan muncul dialog pertanyaan seperti dibawah,
- Dan kita bias lihat bahwa field “Title” telah hilang, dan lakukan hal tersebut hingga field kosong, seperti gambar di bawah,
- - Kemudian untuk mengisikan field “Nama” dan “Alamat”, kita klik tombol “Add”. Lihat gambar di bawah,
- - Dan seterusnya hingga field “Alamat”, dan klik OK
- Maka akan muncul dialog seperti dibawah,
- - Di dialog ini, kita akan mengisikan data atau nama dan alamt orang yang akan kita undang, pilih “New Entry” (sebanyak kebutuhan kita), lalu klik OK
- Kemudian kita harus simpan data yang sudah kita inputkan, untuk nama terserah anda.
- Setelah selesai kita membuat data, maka kita menginjak langkah selanjutnya.
Langkah 3
- - Menjalankan mai merge kita, lihat gambar di bawah,
- Posisikan kursor kita di isian Kepada, dan kita klik tombol “Insert Merge Field”, pilih “Nama”, dan pilih “Alamat” untuk isian alamat, maka akan muncul otomatis seperti terlihat gambar dibawah,
- - Kemudian untuk menampilkan data, kita Klik tombol “Preview Result”, seperti gambar
di bawah,
di bawah,
- - Maksud angaka satu adlah, merupakan data ke-1, dan untuk melihat berikutnya, klik tombok Next, lihat gambar di bawah,
Dan undangan siap di print tanpa harus merubah atau mengulangi penulisan surat.
Mungkin ada beberapa diantara kita yang sedikit atau malah tidak paham dengan tutorial ini. Diharap untuk maklum.
Selamat Mencoba untuk teman-teman.



























0 komentar:
Posting Komentar